Tips Memilih Furnitur Minimalis Jati

Home/Blog/Tips Memilih Furnitur Minimalis Jati
  • Meja-makan-minimalis-kaki-unik-seri-inako

Furnitur dari kayu memang masih menjadi pilihan untuk melengkapi kebutuhan rumah. Mebel sendiri sebenarnya tidak hanya dari kayu saja, melainkan bisa juga menggunakan bahan yang lain, seperti triplek, bambu, dll. Khusus untuk mebel Jepara, banyak dibuat dari bahan dasar kayu, bisa kayu jati, kayu sono, kayu mahoni, dll. Kayu jati sendiri sampai sekarang menjadi pilihan utama masyarakat ketika memilih perabot rumah. Dipilihnya kayu jati sebagai bahan utama, tidak lepas karena jati dipercaya sebagai bahan baku furniture yang banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan kayu lainnya. Salah satu kelebihannya adalah kayu jati sangat awet karena tidak mudah dimakan rayap atau kutu sejenisnya. Selain itu, kayu jati juga memiliki urat kayu yang bagus dan kuat, sehingga sangat kokoh dan cantik jika dibuat perabot. Berikut beberapa tips memilih furniture minimalis jati :

  1. Hindari mebel jati yang terdapat cocoh

Cocoh adalah lubang-lubang kecil yang terdapat dipermukaan kayu jati. Cocoh terjadi karena kayu jati dibuat rumah oleh serangga kecil yang menyebabkan terjadi bubuk dibagian badan kayu jati. Ciri-ciri kayu yang terkena cocoh adalah adanya lubang kecil dibagian kayu jati sehingga jika dibuat furniture akan menjadi rapuh. Untuk itulah hindarilah membeli mebel kayu jati yang terdapat cocoh atau bubuk.

  1. Pilih bahan mebel dari kayu jati tua Perhutani

Untuk memilih mebel jati, sebisa mungkin memilih mebel yang menggunakan bahan kayu jati tua perhutani, kayu jati tua sendiri memiliki beberapa ciri. Diantaranya serat kayu yang padat, berat kayu juga berbobot, warna kayu coklat kemerah-merahan dan merata tiap bagiannya. Jika anda kesulitan memilih kayu jati tua, lebih mudahnya anda mencari kayu TPK yang dijual oleh pihak perhutani, karena bisa dipastikan sudah memiliki umur kayu yang tua, umur ideal kayu jati yang bagus untuk mebel adalah minimal 20 tahun.

  1. Konstruksi Mebel harus kuat dan kokoh

Salah satu cara hal yang wajib dipunyai suatu produk mebel adalah umur penggunaan atau keawetan. Mengetahui bagus tidaknya sebuah konstruksi dari produk mebel jati bisa dengan cara melihat langsung ke pengrajin mebel. Didalam setiap bengkel produksi, kita bisa melihat dan memilih, bagaimana mebel-mebel tersebut diproduksi.

Itulah beberapa tips memilih furniture minimalis jati. Semoga bermanfaat.

Buffet-Meja-TV-Minimalis-Kayu-Jati-Solid-Seri-Bogor

 

Meja Tamu Minimalis Jati Solid Seri Dina

 

 

2017-10-21T07:15:07+00:00 Tags: , , , |