Tips Cara Mudah Merawat Sofa Kulit

Home/Blog/Tips Cara Mudah Merawat Sofa Kulit

Sofa merupakan komponen utama dalam gaya furniture rumah Anda. Perawatan sofa yang tepat dapat memperpanjang umur penggunaan dari sofa yang Anda miliki, terutama bila Anda memilih sofa kulit sebagai penghias rumah Anda. Kulit sofa merupakan komponen penting yang harus dirawat secara rutin dan harus dilakukan dengan penanganan yang tepat agar kualitas dari kulit sofa yang Anda miliki di rumah akan tetap terjaga keindahannya. Keindahan dan keanggunan dari sebuah ruang tamu akan sangat ditentukan dengan pemilihan furniture mebel yang tepat untuk mengisi ruang tamu yang ada dirumah Anda.

Untuk tetap mampu menjaga kesan indah dan anggun dalam ruang tamu Anda, dibutuhkan sebuah perawatan yang tepat bagi perabot furniture mebel yang anda miliki. Tentu saja Kita sebagai tuan rumah akan merasa perlu untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah Kita dengan sebaik mungkin. Melalui pemilihan mebel furniture yang tepat seperti pemilihan sofa kulit adalah hal pertama yang akan dilakukan untuk memberikan kesan nyaman sekaligus kesan mewah pada ruang tamu rumah Anda.

Berikut beberapa tips cara Mudah Membantu merawat sofa kulit:

  1. Untuk tetap menjaga kualitassofa minimalis Anda agar tetap terjaga keindahannya, maka Anda harus mengikuti petunjuk yang biasanya akan disertakan dalam paket penjualan dari sofa tersebut. Dengan demikian, jika Anda mengikuti petunjuk tentang cara perawatan sofa kulit dengan benar, maka sofa kulit Anda diharapkan akan tetap terjaga kualitasnya.
  2. Dalam membersihkansofa kulit Anda, sebaiknya Anda menghubungi pihak produsen untuk membersihkan sofa Anda, atau anda bisa saja memanggil jasa laundry sofa yang sekarang sudah banyak terdapat di kota-kota besar yang dapat membersihkan sofa Anda secara professional tanpa merusak sofa itu sendiri. Namun jika Anda lebih memilih untuk membersihkan sofa kulit anda sendiri, pastikan selalu gunakan vaccum cleaner untuk menghisap debu yang menempel pada permukaan sofa Anda. Dan untuk kotoran berupa noda seperti bercak darah ataupun tumpahan kecap, anda dapat menggunakan larutan sabun untuk membersihkannya. Larutan sabun yang kita gunakan tidak boleh sabun yang di dalamnya terkandung bahan kimia yang dapat merusak sofa kulit Kita.
  3. Hindari sofa kulit Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Panas yang berlebihan ketika sofa kulit Anda terkena sinar matahari secara langsung, akan menyebabkan permukaan dari sofa kulit Anda menjadi retak dan bahkan mengembang. Letakkan sofa kulit Anda di ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung atau gunakan tirai untuk melindungi sofa Anda dari paparan sinar matahari ini.
  4. Hindarkan dari penggunaan cairan pembersih untuk membersihkan sofa kulit Anda. Penggunaan dari cairan pembersih, terutama yang bersifat keras ketika bersentuhan langsung dengan permukaan kulit sofa, akan membuat sofa tersebut menjadi cepat rusak. Cukup gunakan lap basah saja untuk membersihkannya.
  5. Bersihkan tumpahan cairan pada sofa kulit Anda. Kulit merupakan benda yang sangat berpori, dalam hal ini sofa kulit yang Anda miliki juga memiliki sifat dasar tersebut. Maka jika terjadi tumpahan di atas sofa kulit Anda, Anda harus segera membersihkannya sebelum tumpahan tersebut akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.
  6. Berhati-hatilah dalam menghilangkan sebuah noda. Misalnya saja untuk noda tinta, akan berbeda dengan noda dari minyak. Jadi selalu baca petunjuk pembersihan dalam membersihkan noda pada sofa kulit Anda.
  7. Lakukan perawatan secara berkala. Bersihkan dan rawat sofa kulit Anda secara teratur menggunakan penyedot debu ataupun menggunakan lap basah untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kulit sofa. Gunakan juga kondisioner khusus untuk menjaga kilau dari sofa kulit Anda minimal setiap tiga bulan sekali.
  8. Selalu lindungi sofa Anda dari benda tajam. Anda harus melindungi sofa kulit kesayangan Anda dari berbagai benda tajam seperti pisau, cutter, pemotong kuku atau gunting yang dapat merusak sofa kulit yang Anda miliki. Bahkan sebuah perhiasan yang tergeletak di atas sofapun dapat menimbulkan goresan yang akan merusak keindahan dari sofa kulit Anda di rumah.
  9. Hubungi jasa perawatan sofa professional jika terdapat kerusakan pada sofa kulit Anda. Sofa kulit bisa saja mengalami kerusakan seperti tersobek karena benda tajam atau kerusakan ringan seperti permukaan kulit sofa menjadi pecah-pecah. Dalam hal ini anda disarankan untuk menghubungi jasa perawatan dan perbaikan sofa professional agar sofa kesayangan Anda dapat teratasi dengan baik.
  10. Jauhkan hewan peliharaan dari sofa kulit Anda, karena hewan pewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat menimbulkan kerusakan yang cukup serius pada permukaan sofa kulit Anda, jika hewan tersebut bermain-main di atas sofa Anda. Cakar tajam yang mereka miliki dapat menimbulkan kerusakan pada permukaan sofa Anda, dari tergores hingga sobek karena cakar tajam hewan tersebut. Pastikan hewan peliharaan Anda tidak berada dekat dengan sofa kulit kesayangan Anda, kalau tidak ingin sofa kesayangan Anda rusak karenanya.

Itulah beberapa tips cara mudah merawat sofa kulit. Semoga bermanfaat.

Jepara Sofa Kursi Tamu Set

2017-07-17T05:14:06+00:00 Tags: , , |