Home/Blog/Tips Biar Jerawat Nggak Meninggalkan Bekas dan Berlubang di Kulit

Jerawat muncul di wajah, sekecil apapun itu pasti menimbulkan masalah. Selain bikin kulit terasa sakit dan tak nyaman, penampilannya pun bisa terganggu karena riasan wajah yang tak menempel sempurna. Belum lagi jika jerawat meninggalkan bekas berlubang di wajah, aduh bikin bete banget kan? Supaya jerawat tak meninggalkan bekas berlubang di kulit wajah, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan. Secara umum sih kita harus melakukan penanganan sesegera mungkin agar jerawat yang muncul tak berpotensi meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu coba untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat setelah jerawatan.

  1. Segera beri obat jerawat

Saat sudah ada tanda-tanda jerawat muncul, segera beri obat jerawat oles. Pemberian obat jerawat akan lebih baik dalam kondisi kulit bersih. Gunakan juga obat jerawat saat malam hari menjelang tidur.

  1. Jangan Sentuh-sentuh Jerawat

Iya kadang bikin gemas, rasanya ingin menyentuh si jerawat biar cepat hilang. Tapi hindari menyentuh atau sampai menekan jerawat, ya. Kenapa? Karena tindakan itu hanya akan membuat jerawat semakin bengkak bahkan meradang jika jari atau kukumu dalam keadaan kotor penuh kuman.

  1. Jangan memencet jerawat

Memencet jerawat bukan cara terbaik menghilangkan jerawat. Biarkan jerawat itu kempes dengan bantuan obat jerawat. Memencet jerawat hanya akan memperparah kondisi jerawat dan membuat kulit meninggalkan noda dan bekas jerawat berupa lubang atau bopeng.

  1. Sementara waktu hindari facial

Untuk sementara waktu, sampai jerawatmu kempes, hindari facial. Salah satu terapi dalam facial adalah memencet jerawat yang ada, padahal hal itu bisa memperparah kondisi jerawat dan meninggalkan bekas. Karena itu, tunggu hingga kulit Anda membaik sebelum melakukan facial.

Agar jerawat nggak meninggalkan bekas lubang di wajah, memang harus lebih rajin merawat dan mengobatinya dari awal. Repot sedikit di awal masih lebih baik daripada nanti harus kelimpungan menyembuhkan dan menghilangkan bekasnya yang jauh lebih sulit.