Home/Blog/Ternyata Mandi itu Tidak Perlu Setiap Hari Lho !

Berapa kali sih dalam sehari kamu mandi? Ada yang mandi pagi dan malam hari, atau mandi di pagi hari saja, bahkan ada yang tidak mandi. Biasanya kita akan merasa aneh dengan orang yang tidak setiap hari mandi. Tetapi tahukah kamu, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa sebenarnya kita tidak perlu mandi setiap hari lho.

Dilansir oleh lifehack.org, Dr. Casey Carlos, asisten profesor bidang dermatologi dari University of California San Diego School of Medicine menyarankan agar kita tidak mandi setiap hari. Hal ini dikarenakan penggunaan sabun akan mengurang produksi minyak dari kulit kita. Akibatnya, kulit menjadi kasar dan kering. Carlos juga menyarankan penggunaan sabun saat mandi hanya di bagian-bagian tertentu, misalnya ketiak, selangkangan dan telapak kaki. Hindari penggunaan sabun di bagian dada, punggung, kaki dan lengan. Mengapa? Karena kulit kita telah memiliki kemampuan menakjubkan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah, yaitu lapisan teratas kulit terbentuk dari sel kulit mati yang melindungi lapisan kulit berikutnya. Lapisan teratas ini ‘terkuncing’ oleh lemak yang berfungsi melembabkan kulit. Setiap kali kita mandi, lapisan ini akan hancur. Semakin sering kita mandi, maka akan semakin rusak lapisan tersebut. Pastinya akan terasa aneh jika tidak mandi, bukan? Nah, berikut ada trik yang bisa kamu aplikasikan untuk tampil segar meski tidak mandi:

  • Hapus makeup di wajah hingga bersih setiap sebelum tidur.
  • Gantilah pakaian dalam secara rutin
  • Seka selangkangan, telapak kaki dan ketiak menggunakan kain basah hangat setiap pagi
  • Cukur bulu ketiak dan gunakan deodoran secara rutin untuk menghindari bau badan
  • Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat dengan baik.

Nah, bagaimana pendapatmu, dengan penelitian ini? Apakah kamu berani mencoba keluar dari kebiasaan mandi setiap hari?