Home/Blog/Tanda Kamu Lagi Stres Berat

Kesibukan dan rutinitas yang padat sering membuat kita mengabaikan kesehatan sendiri. Pola makan pun bisa jadi tak teratur dan mengganggu gaya hidup sehat. Belum lagi jika ada beban kerja tambahan setiap harinya yang sering tak terduga. Kalau sudah begini, kita sering tak peka dengan kondisi tubuh dan pikiran kita sendiri. Ada sejumlah tanda bahwa sesungguhnya kamu sedang stres berat. Dan tanda-tanda jangan diabaikan atau disepelekan begitu saja. Tujuannya agar kesehatanmu tidak terganggu dan tak mendadak ngedrop. Yuk, cek selengkapnya di sini, siapa tahu kamu juga sedang mengalaminya saat ini.

  1. Tubuh terasa super capek

Sudah merasa tidur cukup tapi bangun pagi masih terasa capek? Ini salah satu tanda kamu mengalami stres berat. Jane Pernotto Ehrman, M. Ed., seorang pakar kesehatan perilaku di Cleveland Clinic’s Wellness Institute memaparkan kalau stres itu sangat menguras tenaga karena diam-diam membuat semua sistem tubuh bekerja lebih keras dari biasa. Jadi meski sudah merasa tidur cukup, tubuh akan tetap terasa letih karena serasa tubuh masih dibuat kerja keras.

  1. Susah tidur

Anehnya, meski tubuh rasanya sudah sangat lela, tidur tetap terasa susah. Ada banyak hal yang berkecamuk di pikiranmu ditambah lagi dengan sistem tubuh yang masih merasa seolah-olah bekerja keras, sehingga kamu mudah terserang insomnia.

  1. Gampang jatuh sakit dan lama sembuhnya

Susah tidur bikin kekebalan tubuh ikut melemah. Akibatnya? Kamu jadi gampang sakit. Penelitian membuktikan sistem kekebalan tubuh jadi menurun sekitar 30 persen ketika kita sedang stres. Kalau sudah begini, penting untuk liburan atau merilekskan pikiran sejenak demi kesehatan tubuh dan mental.

  1. Jadi pelupa

Saat sedang stres, biasanya pikiran rasanya dipenuhi oleh banyak hal. Dengan banyak hal yang kamu pikirkan, kamu jadi susah fokus dan konsentrasi. Akibatnya kamu jadi pelupa. Hal-hal kecil dan sederhana jadi susah kamu ingat, misalnya lupa menaruh kunci sepeda motor atau di mana kamu menaruh dompet.

  1. Gampang sekali tersinggung

Lucie Hemmen, Ph.D, psikolog di Santa Cruz, CA menjelaskan bahwa saat sedang stres, maka bagian otak primitif atau batang otak mengambil alih. Sehingga kita jadi gampang tersinggung. Gampang menangis, marah, dan emosian hanya karena hal-hal kecil. Kalau kamu merasakan hal ini, wah ini tanda kamu sedang stres berat.

Pada dasarnya, saat sedang stres, tubuh akan mengirimkan sinyal-sinyal tertentu. Kalau kamu merasakan hal yang kurang nyaman atau tubuhmu jadi terasa berbeda dari biasa, bisa jadi kamu sedang stres. Solusinya? Segeralah liburan atau meluangkan waktu melakukan hal-hal yang bisa merilekskan tubuh dan pikiran.

 

2017-07-24T04:08:26+00:00 Tags: , , |