Rupiah Melemah, Jokowi Minta Menteri Ekonomi Bikin Kebijakan Besar

Home/Blog/Rupiah Melemah, Jokowi Minta Menteri Ekonomi Bikin Kebijakan Besar

Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri bidang ekonomi ke Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8). Nampak hadir Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Pokok pembahasannya soal kondisi ekonomi terkini. Terutama soal anjloknya nilai tukar Rupiah yang saat ini sudah lebih dari Rp 14.100 per USD. Presiden Jokowi memberi tugas khusus untuk para menteri bidang ekonomi.

“Presiden meminta dan merinci satu paket kebijakan besar yang harus selesai minggu depan ini. Menyangkut sektor riil, keuangan, ada yang menyangkut deregulasi, kebijakan baru, tax holiday,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di Istana Negara.

Dia mengatakan, tujuan dari paket kebijakan itu untuk memperlancar kegiatan ekonomi, mendorong masuknya valuta asing. Termasuk menyelamatkan Rupiah dari keterpurukan. “Kita memerlukan itu karena tidak ada jalan lain.”

Mantan Gubernur BI ini yakin kebijakan besar tersebut bisa disusun dalam waktu 3 hari. Dia mengklaim langkah ini sebagai respons cepat dari pemerintah menjawab tantangan ekonomi terkini.

rupiah-ambruk-jokowi-minta-menteri-ekonomi-bikin-kebijakan-besar