Ingin cantik dengan walau budget minim? Bisa banget. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui trik-trik pintar dan memanfaatkan bahan-bahan yang murah meriah. Jika bahan natural seperti minyak maupun buah sudah sangat umum digunakan, kali ini Beauty Journal Sociolla memperkenalkan manfaat garam bagi kecantikan, khusus untuk Anda. Yuk, simak manfaat garam berikut ini!

  1. Penghilang Jerawat

Saat sedang terburu-buru, kita seringkali lupa untuk membersihkan tangan dari produk perawatan rambut dan langsung menyentuh wajah. Alhasil, wajah kita jadi berjerawat. Tenang, nggak perlu uring-uringan. Sebab, menurut Bonnie Ndoci, pemilik salon kecantikan ternama Facials by Bonnie di kota New York, garam dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Campurkan ¼ sdt garam dengan 1 cangkir air hangat, kemudian teteskan pada cotton bud atau kapas kecantikan. Tempelkan pada area wajah yang berjerawat selama satu menit. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada area wajah yang berjerawat.

  1. Membuat Rambut Cantik Berombak

Jika Anda yang ingin memiliki tampilan rambut berombak yang natural, manfaatkan saja air laut! Sebab, air laut dengan kadar seimbang akan membantu Anda untuk mewujudkan impian Anda untuk memiliki rambut cantik yang berombak natural. Masukkan air laut ke dalam spray bottle dan semprotkan sedikit pada bagian rambut Anda, kemudian remas-remas rambut atau pelintir, agar rambut tampak berombak.

  1. Menghilangkan Racun

Garam juga bisa dijadikan terapi yang baik bagi kesehatan. Partikel garam yang diserap oleh kulit mampu mengeluarkan racun dari permukaan kulit dan menutrisi jaringan dalam agar lebih lembap. Selain itu, keremajaan dan pori-pori kulit juga akan terjaga lebih baik. Anda bisa merasakan manfaat ini dengan berendam air hangat yang sudah dicampur garam selama kurang lebih setengah jam.

  1. Scrub Wajah

Menurut Katherine Dorn, pemilik Pirerre Michel Salon di kota New York,  campuran garam dan facial oil ternyata bisa jadi scrub alami yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Oleskan larutan tersebut pada seluruh permukaan wajah dan pijat lembut dengan gerakan jari memutar. Selain mengangkat sel kulit mati, scrub garam ini juga bermanfaat untuk menyamarkan kerutan, seperti yang dikatakan Wendy Lewis selaku pemilik portal kecantikan BeautyintheBag.com, bahwa ia menganjurkan para wanita untuk menghilangkan kerutan wajah melalui scrub  garam.

  1. Toner

Tak hanya bagus digunakan sebagai scrub, campuran air hangat dan garam dalam spray bottle ternyata juga sangat bagus untuk menjaga kulit wajah Anda tetap fresh seharian. Semprotkan larutan ini pada wajah secara merata, kemudian tepuk-tepuk dengan menggunakan kapas kecantikan.

  1. Menghilangkan Kantung Mata

Sering begadang atau mengalami insomnia seringkali menyebabkan Anda memiliki  lingkaran hitam di bawah mata. Jangan khawatir, sebab Anda bisa mengatasinya dengan mencampurkan garam dan air panas. Caranya, campurkan garam dan air panas lalu celupkan kapas ke dalamnya. Setelah agak dingin, tempelkan kapas pada area mata untuk menghilangkan lingkar hitam di bawah mata Anda secara perlahan.

  1. Melembabkan Bibir Kering

Cuaca yang panas seringkali membuat bibir Anda tampak lebih kering. Oleh karena itu, Misti Schindele pemilik situs kecantikan Enternainista.com menyarankan untuk mencampur dua hingga tiga sendok makan garam Epsom yang ditambah dengan satu sendok makan Vaseline.

Oleskan kedua larutan ini secara perlahan pada kulit bibir Anda sehingga sel-sel kulit mati dapat terangkat sempurna. Setelah itu, bersihkan dengan kain lembut yang sudah dibasahi. Jangan lupa untuk kembali melembabkan bibir Anda dengan menggunakan lip balm.

  1. Mengatasi Iritasi Kulit Kaki

Usai melakukan pedicure, sejumlah orang mengeluhkan adanya infeksi kecil pada bagian kutikula jari kuku. Sayangnya, pemakaian antibiotik terkadang membuat Anda malah merasa semakin kesakitan, bukan?

Untuk mengatasi masalah ini, Bryce Gruber, pemilik situs kecantikan The Luxury Sport, menganjurkan untuk merendam kaki Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam selama setengah jam. Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam sehari dan masalah infeksi pun akan segera pergi menyingkir.

Ternyata banyak manfaat ajaib yang bisa diberikan garam pada kecantikan kulit, tubuh, dan rambut Anda ya. Selamat mencoba.

Perawatan dari kepala sampai kaki dengan garam