Home/Blog/Penyebab Kulit Wajah Tampak Tua

Masalah penuaan dini memang menjadi masalah kulit wajah yang menyebalkan. Penuaan dini atau proses penuaan kulit lebih awal dari waktu yang seharusnya tidak hanya menjadi momok bagi wanita tetapi juga bagi pria. Diantara banyak faktor penyebabnya, menurut dr. Kardiana Purnama Dewi, SpKK yang ditemui , Kemarin di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat. Ada tiga faktor utama yang harus dihindari agar terbebas dari masalah penuaan dini.

Yang pertama ialah, faktor stres. Dimana stres sangat bisa mempercepat proses penuaan dini, ketika stres makan perubahan hormon terjadi dalam tubuh serta pori-pori kulit melebar. Faktor stres juga membuat regenerasi kulit yang idealnya terjadi setiap 28 hari sekali menjadi tidak meregenerasi sehingga kulit-kulit mati pun menumpuk.

Faktor penyebab yang kedua ialah paparan sinar matahari. Sinar UV terbagi menjadi tiga, yaitu sinar UV A yang membuat kulit menjadi tua ( aging) , sinar UV B yang membuat kulit menjadi terbakar (burning) , lalu sinar UV C (dari ozon bumi berlubang). Dari ketiga jenis sinar UV ini, sinar UV A dan B lah yang biasanya menjadi penyebab utama terjadinya penuaan dini pada kulit.

Faktor terakhir ialah, faktor zat radikal bebas. Dimana ion dalam tubuh yang tidak memiliki pasangan ion lainnya akan merusak zat ion atau sel-sel sehat yang mempunyai pasangan. Zat radikal bebas ini datang dari dalam tubuh kita sendiri dikarenakan oleh adanya sel-sel dalam tubuh yang kondisinya sudah tidak sehat.

Tidak ingin penuaan dini ini terjadi pada Anda? Maka sebisa mungkin hindarilah ketiga faktor utama di atas.

2017-07-22T07:30:22+00:00 Tags: , , |