Jerawat umumnya timbul ketika masa remaja. Namun, kini salah satu masalah pada kulit tersebut tidak hanya dialami para remaja, tetapi juga orang dewasa. Tentu saja hal tersebut cukup menyebalkan karena dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Dilansir dari Telegraph, Kamis (28/1/2016), melalui studi yang dilakukan oleh 92 dokter kulit di Inggris, selama satu tahun belakangan ditemukan jika jumlah penderita jerawat usia dewasa meningkat sebesar 200 persen.

Tidak hanya itu, melalui studi tersebut ditemukan pula bahwa wanita lima kali lebih mudah mengalami masalah jerawat di usia dewasa dibandingkan dengan pria. Faktor pemicu timbulnya jerawat pun beragam. Mulai dari siklus menstruasi, naik turun hormon saat hamil, hingga perubahan metode kontrasepsi. Menurut dr. Stefanie Williams, Medical Director, terdapat hal lain yang dapat mempengaruhi jerawat dewasa selain faktor hormonal dan genetik. Faktor lain tersebut terkait produk perawatan kulit yang digunakan.

“Memilih perawatan kulit yang salah juga menjadi pengaruh yang besar. Mereka yang berusia 30-an atau 40-an, mulai timbul adanya garis-garis halus dan kulit yang keriput. Kemudian, mereka memilih perawatan antipenuaan,”papar dr. Stefanie.

Krim perawatan wajah antipenuaan, menurut dr. Stefanie, memiliki kelembapan yang sangat tinggi. Hal tersebut dapat menimbulkan jerawat lebih banyak bagi wanita yang memiliki jenis kulit sensitif.

Dr. Nick Lowe, dokter kulit dari Cranley Clinic, menambahkan bahwa aktivitas wanita yang sangat sibuk juga dapat memicu timbulnya jerawat.

“Terdapat banyak pemicunya, wanita yang dituntut tampil di tempat kerja atau rumah, mereka tidak ada keseimbangan,” ujar dr. Nick.

Hal tersebut juga diyakini salah seorang penderita jerawat di usia dewasa, Vicky Eldridge (36). Vicky mengaku, aktivitas bekerja yang panjang dan kurang tidur adalah beberapa faktor yang memicu timbulnya jerawat.

“Kulit mencerminkan apa yang terjadi di dalam dan aku memang bekerja dengan waktu yang panjang, berpesta, dan tidak cukup tidur. Aku rasa itu adalah faktor pemicunya,” tutup Vicky.

Peyebab jerawat banyak dialami usia dewasa