Pelemahan Rupiah Semakin Memperlebar Kesenjangan Sosial

Home/Blog/Pelemahan Rupiah Semakin Memperlebar Kesenjangan Sosial

Gejolak nilai tukar Rupiah yang semakin memburuk telah membuat harga-harga mahal. Pasalnya, masih banyak kebutuhan konsumsi masyarakat dipenuhi lewat ekspor.

Ekonom Indef, Fadhil Hasan, mengatakan bahwa hal ini semakin membuat jarak kesejahteraan antara masyarakat kalangan menengah ke bawah dengan atas semakin lebar. Dia melihat hal ini tercermin dari indeks gini ratio yang meningkat.

“Meningkat gini ratio jadi persoalan. Indef memperkirakan Indeks Gini Ratio dari 0,41 menjadi 0,42,” ujar Fadhil, di Kantor Indef, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2015).

Dengan demikian, masyarakat menengah ke atas justru mendapatkan keuntungan dari menguatnya mata uang Amerika Serikat. “Rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) untungkan yang punya deposito disimpan dalam dolar AS,” ucapnya.

Fadhil menambahkan, jika pemerintah tidak memberikan arah dan kepastian yang jelas, pelaku usaha akan memanfaatkan kondisi ditahannya laju impor. “Pelaku usaha tarik untung besar, lemahkan masyarakat menengah ke bawah,” ungkapnya.

pelemahan rupiah

2015-08-24T08:29:03+00:00 Tags: , , |