Home/Blog/Pantangan Makan Jika Ingin Awet Muda

Apa yang Anda makan menentukan status kesehatan tubuh Anda. Termasuk di antaranya untuk kesehatan kulit, dan tentunya kulit yang sehat adalah kulit berpenampilan bersih, kelembabannya terjaga, serta jauh dari kerutan yang munculnya dini alias awet muda. Jika Anda ingin wajah awet muda, pastikan Anda menghindari beberapa makanan berikut ini :

Gula

Makanan atau minuman yang banyak mengandung gula seperti donat, kue-kue, soda dan lainnya dapat mempercepat terjadinya kerutan pada wajah Anda, sehingga menyebabkan wajah terlihat tidak awet muda. Sebabnya adalah gula yang terkandung di dalam makanan akan membentuk advanced glycation end products (AGE) di dalam tubuh. AGE yang terakumulasi dapat merusak berbagai protein di dalam tubuh dan yang paling cepat mengalami kerusakan adalah kolagen dan elastin, yaitu serat protein yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Sebagai akibatnya, kulit Anda akan menjadi lebih mudah berkerut kendur dan tidak awet muda.

Makanan Berlemak

Anda ingin awet muda? Hindarilah makanan berlemak. Makanan yang berlemak seperti gorengan, santan, jeroan, daging tinggi akan lemak jenuh. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa makanan yang berlemak jenuh tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata lemak jenuh juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih tua dan tidak awet muda?

Pada penelitian yang yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition tahun 2007 terhadap 4000 wanita paruh baya yang banyak mengonsumsi mentega, ditemukan bahwa wanita-wanita tersebut memiliki lebih banyak kerutan dan tampak tidak awet muda, dibandingkan dengan yang tidak. Hal tersebut dikarenakan lemak jenuh dapat menyebabkan penumpukan AGE dan mengganggu produksi kolagen pad kulit.

Makanan yang digoreng, dipanggang atau dibakar

Ketika makanan diproses dengan cara tertentu seperti digoreng dengan suhu tinggi (deep frying), dipanggang atau dibakar, maka akan terbentuk protein dan (lagi-lagi) AGE. Ayam goreng, sate, kentang goreng, steak, kesemuanya dapat membentuk AGE di dalam tubuh.

Para peneliti melihat kecenderungan peningkatan AGE yang membuat wajah tak awet muda pada tubuh manusia belakangan ini kemungkinan dicetuskan oleh gaya hidup yang kurang sehat dimana orang cenderung banyak mengonsumsi makanan yang diproses.

Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan tidak hanya kurang baik untuk kesehatan, namun juga membuat wajah tidak awet muda. Pasalnya, alkohol dapat mempercepat terjadinya penuaan dini pada wajah. Alkohol bersifat hepatotoksin atau dapat merusak hati. Toksin atau racun dari alkohol dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Tak terkecuali sel-sel di kulit. Selain itu alkohol juga dapat membuat dehidrasi pada kulit dan membuat kulit menjadi kering. Kulit yang kering akan membuat kulit lebih mudah berkerut sehingga tidak awet muda.

 

beauty concept skin aging. anti-aging procedures, rejuvenation, lifting,

2017-07-20T06:22:53+00:00 Tags: , , |