Meskipun banyak ditemukan di Indonesia, namun konsumsi nanas tidak sepopuler buah lainnya. Bahkan ada orang yang cenderung suka mengonsumsi nanas dalam bentuk selai daripada mengonsumsi secara langsung. Alasannya, nanas mampu ‘melukai’ mulut dan membuat mulut menjadi gatal setelah mengonsumsi.

Apakah Anda juga mengalami hal yang sama yaitu mulut menjadi gatal setelah mengonsumsi nanas? Well, mungkin Anda berpikiran bahwa hal ini dikarenakan Anda memiliki reaksi alergi dari makan nanas. Namun nyatanya sebuah penelitian, justru mengatakan bahwa rasa gatal ini berasal dari enzim alami yang ada dalam nanas.

“Iritasi yang disertai dengan mulut gatal setelah makan nanas disebabkan oleh enzim dalam nanas yang disebut dengan bromelain. Saat masuk dalam mulut, maka enzim ini akan memecah protein dan menyerang lidah, bibir, dan bahkan pipi Anda saat Anda makan nanas,” tulis penelitian ini.

Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab saat Anda menelan enzim ini, maka baik air liur maupun asam di perut akan menetralisirnya serta memproduksi kembali protein dan asam amino sehingga rasa gatal ini tidak akan bertahan lama.

Selain efek tersebut, enzim bromelain sendiri sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh Anda sebab mampu mengobati peradangan, pembengkakan, gangguan pencernaan, dan mencegah pembekuan darah secara berlebihan. Tak hanya itu saja, enzim bromelain juga baik untuk memperbaiki fungsi dan struktur dari sel, jaringan, dan organ dalam tubuh.

nanas