Home/Blog/Mengetahui Kebiasaan Perusak Kecantikan

Wajah yang tampan maupun cantik biasa dikategorikan sebagai paras yang sedap dipandang, dan beberapa orang beruntung memilikinya sejak lahir. Namun, wajah yang tampan maupun cantik ini juga memerlukan perawatan serta penyesuaian kebiasaan sehari-hari agar tetap awet cantiknya. Yuk, kenali kebiasaan sehari-hari yang seringkali dilakukan dan tanpa sadar mulai mengikis keindahan alami wajah Anda sebagai berikut.

  1. Tidur

Tidur yang cukup jelas dibutuhkan oleh tubuh dan kesehatan diri Anda. Namun, jika Anda tidur beralaskan sarung bantal yang kasar dan tidur tanpa berganti posisi dalam waktu yang lama, garis-garis bekas tekanan yang terjadi selama tidur dapat menempel di kulit. Jika spot yang sama berulangkali mendapatkan tekanan, lama-kelamaan akan menyerap kelembapan alami kulit dan membuat penuaan dini terjadi di tempat terjadinya tekanan. Untuk mengatasinya, pilihlah sarung bantal berbahan kain halus seperti sutra. Sutra sendiri merupakan bahan olahan dari tanaman yang mengandung asam amino seperti yang ada di dalam pelembap kulit.

  1. Memakai makeup

Berbagai produk kecantikan dapat merusak tampilan wajah Anda, begitu juga dengan berbagai krim wajah, pelembap, foundation dan sebagainya. Kebanyakan penyebabnya ada pada tangan yang tidak bersih saat melakukannya. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan perawatan wajah yang menggunakan tangan Anda. Di jari-jari tangan kita terdapat bakteri dan mengoleskan sesuatu di wajah menggunakan tangan yang tidak bersih lama-kelamaan akan merusak kulit wajah, menyebabkan infeksi dan jerawat.

  1. Minum menggunakan sedotan

Tujuan menggunakan sedotan mungkin agar Anda tidak tersedak, tapi kebiasaan ini malah merusak wajah cantik Anda, lho. Tanpa Anda sadari, saat Anda menggunakan sedotan, bibir Anda akan mengerucut dan membuat munculnya garis-garis halus di sekitar mulut, hampir sama dengan Anda yang merokok. Untuk menghindari hal ini, minumlah langsung mulut gelas dan hindari minum dari botol maupun melalui sedotan.

  1. Berbicara terlalu lama lewat telepon

Menempelkan telepon ke wajah, entah itu telepon biasa atau handphone, dapat juga merusak wajah dalam jangka waktu yang lama. Telepon yang kita pakai sudah ditempeli banyak bakteri dan kuman, mulai dari bakteri yang asalnya dari tangan orang lain atau akibat meletakkan handphone secara sembarangan. Terkadang, Anda bahkan membawa telepon genggam ke kamar mandi, yang dapat mengundang lebih banyak kuman menempel di lapisan terluar handphone. Akibatnya, handphone yang kotor itu akan menempel pada kulit wajah dan menimbulkan jerawat. Gunakanlah tisu basah anti bakteri untuk membersihkan telepon genggam sebelum menempelkan telepon ke telinga dekat wajah dan perhatikan di mana saja Anda meletakkan handphone Anda saat ada di luar maupun di dalam rumah.

  1. Keramas dengan sampo dan kondisioner yang salah

Produk perawatan rambut juga akan menentukan tampilan wajah Anda. Meski hanya rambut yang terkena sampo maupun kondisioner, pasti wajah Anda juga akan terpapar produk rambut yang Anda gunakan. Kebanyakan sampo dan kondisioner mengandung senyawa kimia yang disebut dengan sodium laureth sulphate. Senyawa kimia ini berpotensi merusak tidak hanya rambut, tapi juga kulit yang tersentuh serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Volume rambut dapat berkurang, dan wajah dapat berjerawat. Pilihlah shampo dan kondisioner yang berbahan organik sebagai gantinya.

Berbagai kebiasaan sehari-hari ini memang tidak serta-merta harus Anda tinggalkan atau Anda ubah secara drastis. Hanya sebagai catatan, usahakan agar dalam melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tetap menjaga kebersihan dan memperhatikan kesesuaian produk dengan kulit dan tubuh Anda.

2017-10-16T05:07:39+00:00 Tags: , , |