Sejumlah penelitian telah menetapkan bahwa keluarga kacang-kacangan, termasuk kacang merah menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Sebut saja kandungan omega 3-nya yang dapat menstabilkan tekanan darah dan menstabilkan detak jantung. Lantas apa lagi manfaatnya? simak ulasannya, seperti dikutip Care2, Jumat (18/9/2015):

  1. Jantung

Selain mengurangi kadar trigliserida dalam darah, kacang merah dapat menstabilkan detak jantung, membuat trombosit lebih baik dan menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membantu membersihkan arteri Anda.

  1. Menurunkan kolesterol

Karena kaya serat, kacang merah dapat membantu menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah dan membantu sistem pencernaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menegaskan, mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti kacang merah, membantu mencegah penyakit jantung. Hampir 10.000 orang dewasa Amerika berpartisipasi dalam penelitian ini dan diikuti selama 19 tahun. Mereka mengonsumsi 100 gram kacang merah (6,4 gram serat) setiap hari.

  1. Cegah stroke

Kacang merah mengandung folat esensial (vitamin B9) pada 177 gram. Folat telah dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, komplikasi koroner dan stroke.

  1. Sumber protein

Kacang merah merupakan sumber protein. Satu cangkir saja mengandung 15 gram protein dan membuat makanan ini efektif dikonsumsi saat diet ketimbang protein hewani.

Di beberapa negara Asia, kacang merah sering dimakan dengan nasi. Kombinasi ini tidak hanya lezat, tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena campuran ini memainkan peran dalam produksi karnitin, yang bertanggung jawab mengubah asam lemak menjadi energi dan membantu menurunkan kolesterol.

Menurut para ilmuwan di University of Maryland Medical Center, mengonsumsi dua bahan ini dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan membantu pembentukan kolagen, zat penting untuk tulang dan jaringan ikat termasuk kulit, tendon, dan tulang rawan.

  1. Antikanker

Kacang merah sangat kaya flavonoid atau yang disebut proanthocyanidins, dikenal sebagai zat antikanker dan antialergi, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian pernah menemukan penurunan risiko adenoma kolorektal (kanker usus besar) pada mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur.

  1. Tinggi zat besi

Dibandingkan daging merah, yang mengandung kolesterol dan lemak, kacang merah bisa menjadi pilihan saat Anda sedang mengalami menstruasi.

  1. Mangan

Sebagai mineral penting, mangan berfungsi melawan radikal bebas dan membantu penyerapan nutrisi, penyembuhan luka dan perbaikan tulang dan otot.

manfaat kacang merah untuk kesehatan