Kulitmu gampang berminyak? Atau mungkin jenis kulitmu adalah jenis kulit berminyak? Kulit berminyak memang butuh perawatan dan penanganan khusus. Salah satu caranya bisa dimulai dengan menggunakan teknik mencuci wajah yang benar. Kulit berminyak bisa jadi sarang debu dan kuman. Sehingga penting sekali untuk selalu menjaga kebersihannya. Ada teknik cuci wajah yang perlu kamu coba untuk mengatasi kulit berminyak. Selengkapnya, simak infonya di bawah ini.

Cuci wajah dua kali dengan air hangat suam-suam kuku agar pori-pori terbuka. Kemudian gunakan sabun pembersih muka yang lembut khusus untuk kulit berminyak. Lalu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

Selain rutin membersihkan dan mencuci wajah, perlu juga menggunakan masker untuk mengatasi kulit berminyak. Salah satunya adalah dengan masker berbahan utama pisang ini.

Jadi siapkan 3 sdm pisang yang sudah dihaluskan, 1/2 sdt madu, dan beberapa tetes air perasan lemon. Campur semua bahan hingga jadi pasta. Aplikasikan ke area wajah dan leher, diamkan 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini seminggu sekali.

Kulit berminyak pun bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah gangguan hormon, faktor genetik, faktor lingkungan (polusi dan kotor), stres, pusing, kurang tidur, salah memilih kosmetik, perubahan musim, hingga pola makan yang tak sehat. Cuci wajah dengan benar adalah langkah awal untuk mengatasi kulit yang mudah berminyak. Jadi, pastikan lakukan dengan rutin.

Kulit mudah berminyak, atasi dengan tehnik cuci wajah seperti ini