Kitchen Set Minimalis untuk Dapur yang Kecil dan Sempit

Home/Blog/Kitchen Set Minimalis untuk Dapur yang Kecil dan Sempit

Terkadang orang yang tidak tahu bagaimana cara membuat agar dapur yang mereka miliki tampak lebih indah dan manawan, terutama mereka yang mempunyai ruang dapur kecil dan sempit. Sebenarnya dapur yang bagus dan indah itu bukan dilihat dari mahalnya barang-barang yang ada serta luas kecilnya ruang dapur. Agar ruang dapur bisa terlihat lebih sempurnya dan indah, sebenarnya tidaklah terlalu sulit, karena itu semua tergantung dari bagaimana cara kita menata perabotan yang ada agar sesuai dan selaras dengan konsep rumah yang kita miliki. Kitchen set merupakan elemen penting dapur yang sangat berpengaruh dalam hal tampilan ataupun kenyamanan. Sehingga kita harus pandai-pandai dalam memilih dan menentukan model kithen set yang akan kita gunakan.

Dalam kesempatan ini kita akan berbagi tips bagaimana cara memilih kitchen set minimalis untuk dapur sempit dan kecil yang tepat dan sesuai dengan luas ruangan yang ada. Kriteria dapur kecil yang kita maksud di sini adalah ruangan dapur yang memiliki ukuran sekitar 2 x 2 M, 2 x 3 M, 2.5 x 2.5 M atau model ruangan yang memanjang misalnya 4 x 2 M, ukuran ini masih bisa kita kategorikan ke dalam ruang dapur kecil. Namun itu semua tergantung dari ukuran luas rumah secara keseluruhan. Beberapa hal yang harus kita pertimbangan ketika hendak memilih model kitchen set untuk ruang dapur sempit dan kecil diantaranya:

  1. Penentukan model dan ukuran kitchen set yang sesuai dengan ukuran dapur. Ada banyak jenis layout kitchen set yang sering digunakan seperti model U, model L, model G, model tunggal dan model galleri. Untuk ruang dapur yang ukurannya sempit dan kecil tentunya kitchen set model U atau G sepertinya tidak tepat untuk digunakan karena model ini justru akan mempersempit dan memenuhi ruangan dapur jika kita aplikasikan. Dalam hal ini kita bisa memilih model tunggal, namun jika memang Anda menghendaki model U atau yang lainnya. Kita perlu menyesuaikan terlebih dahulu ukuran kitchen set tersebut agar cocok dengan ruang dapur. Ada baiknya ketika hendak membeli atau memesan kitchen set kita berikan informasi sedetail mungkin tetang luas dapur yang kita mimiliki, supaya si penjual tahu bagaimana model kitchen set yang kira-kira pas untuk kita.
  2. Perhatikan sisa ruang dan sirkulasi udara yang ada di dapur, hindari menempatan kitchen set yang menghalangi jendela atau sirkulasi udara dalam ruangan. Ini penting karena kita di sini mimiliki ruangan kecil. Jika dapur tidak memiliki jendela kita dapat menambahkan alat bantu untuk sirkulasi udara seperti seperti kipas atau yang lain yang bisa menyerap asap kompor.
  3. Warna kitchen set juga perlu diperhatikan. Jika dinding kita menggunakan warna cat sedikit gelap kita bisa memilih kitchen set dengan warna agak cerah agar tercipta kombinasi yang bagus. Dan jika warna cat dinding dapur menggunakan warna putih, di sini kita bisa memilih warna kitchen set gelap. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu dominan dengan tema dan adanya keharmonisan kombinasi antara ruangan dengan kitchen set yang ada.

Ruang dapur kecil bukanlah alasan untuk mengabaikan masalah kitchen set. Jika kita bisa lebih kreatif dalam memadukan antara warna, cahaya dan juga furniture dalam ruangan dapur, bukan hal yang tidak mungkin dapur kita akan menjadi lebih indah mengagumkan dan pastinya nyaman saat digunakan walaupun hanya memiliki luas yang terbatas.

2017-10-20T06:41:51+00:00 Tags: , , , , |