Home/Blog/Kesalahan yang Kamu Sering Lakukan Saat Menyisir Rambut

Siapa yang tidak gemas dengan penampilan rambut kusut yang acak-acakan? Tak heran bila banyak wanita selalu menyediakan sisir di dalam tas untuk memperbaiki tampilan rambut yang kusut. Alat kecantikan yang satu ini memang sangat praktis untuk menyulap tampilan rambut berantakan menjadi lebih rapi dalam sekejap. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada sejumlah kesalahan teknik yang sering kamu lakukan saat menyisir rambut?

Alih-alih membuat rambut kamu jadi tampil lebih indah, teknik ini justru akan merusak kesehatan rambut kamu. Nah, agar kamu tak mengulangi kesalahan yang sama kamu perlu tahu deretan kesalahan tersebut.

  1. Menyisir rambut dalam keadaan basah

Sering melakukannya? Sebaiknya, kamu segera menghentikan kebiasaan ini. Alasannya adalah setelah keramas kandungan air di dalam rambut membuatnya lebih rapuh dan mudah patah saat disisir. Dengan begitu menyisir rambut di kala basah tak akan sehat untuknya.

  1. Keseringan menyisir rambut

Berniat untuk merapikannya, terlalu sering menyisir rambut justru tak disukai rambut. Pasalnya, terlalu sering menyisir rambut dapat membuat rambut jadi lebih mudah patah dan bercabang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pilih sisir yang memiliki desain lebar dan datar yang tidak merusak helai rambut.

  1. Menyisir rambut dari atas ke bawah

Kebiasaan menyisir rambut dari atas ke bawah ternyata sangat berisiko membuat rambut jadi patah dan kusut. Solusinya, setiap menyisir beberapa cm rambut, berhentilah sejenak untuk merapikan rambut yang kusut di bawahnya dengan tangan secara perlahan.

Dengan begitu, rambut tak akan mudah patah dan kamu pun tak akan terlalu kesakitan saat harus menyisirnya. Kamu juga dapat menggunakan sisir yang dirancang khusus untuk mencegah rambut kusut seperti Tangle Teezer Compact Styler Feline Groovy.

  1. Memilih sisir rambut yang salah

Selain kebiasaan yang salah dalam menyisir rambut, salah memilih jenis sisir juga bisa bikin bencana pada keindahan rambut kamu, lho! Jika kamu memiliki rambut tebal yang terlihat kusut, cobalah untuk menggunakan sisir bulat yang dapat merapikan rambut tanpa merusaknya.

Sebaliknya, bila kamu memiliki rambut yang tidak terlalu tebal, cobalah untuk menggunakan sisir yang dapat memberi volume pada rambut.

  1. Memakai sisir yang kotor

Tak hanya make-up brush saja yang perlu dibersihkan secara rutin, sisir rambut juga perlu mendapatkan perawatan yang sama, paling tidak sekali dalam seminggu. Kotoran yang melekat pada sisir rambut akan menjadikan rambut kamu tampak kusam dan memicu rasa gatal dan ketombe di kepala.

Pisahkan rambut yang melekat pada sisir dan rendamlah sisir dalam air hangat. Tambahkan sampo atau hand wash ke dalamnya sampai berbusa dan rendamlah selama beberapa saat agar semua kotorannya luruh. Setelah itu, keringkan dengan handuk dan sisir pun siap digunakan.