Home/Blog/Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Tampak Lebih Tua

Kesehatan, dan juga kecantikan kulit Anda, sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Ngaku dosa, deh. Mana yang paling sering Anda lakukan: tidur tanpa membersihkan wajah dengan benar atau hobi begadang? Efek negatifnya memang belum terlihat dalam hitungan satu atau dua bulan. Namun, pengaruhnya akan terasa di kemudian hari, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Lalu, apa lagi kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan dan membuat penampilan Anda tampak jauh lebih tua?

  1. Melupakan Tabir Surya

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan efek buruk sinar matahari melalui radiasi sinar UVA dan UVB. Terlalu lama terpapar sinar UVB akan menyebabkan kulit memerah dan terbakar. Meski berada di dalam ruangan, jangan merasa aman dulu karena sinar UVB sebenarnya bisa menembus kaca. Nah, lain halnya dengan radiasi sinar UVA. Meski tak dapat menembus kaca, sinar UVA dapat memicu penuaan dini dan noda hitam karena radiasinya masuk ke jaringan kulit yang lebih dalam. Jika terlalu sering terpapar sinar UVA, proses pembentukan sel-sel kanker bisa terjadi !

Anda yang sering melupakan tabir surya, hilangkan segera kebiasaan ini. Pilih produk dengan tingkat SPF yang cukup tinggi dan ada label ‘PA’ untuk menangkal sinar ultraviolet seperti PA+++.

  1. Mengabaikan Tangan dan Leher

Jika menyebut perawatan kulit, yang terbayang biasanya hanya kulit wajah. Padahal, kulit tangan dan leher juga butuh perhatian karena sama-sama sering terpapar sinar matahari. Jika terlupakan, kedua area ini akan dengan cepat mengalami tanda penuaan, seperti noda hitam, kulit kering, hingga keriput atau kendur. Selalu gunakan pelembap tubuh sehabis mandi. Dengan kandungan ekstrak lemon, provitamin B5, serta antioksidan, kulit akan lebih lembut dan terjaga dari tanda penuaan dini.

  1. Sering Berganti Produk

Frustasi karena serum penghilang noda pada wajah tidak bekerja seperti yang disebutkan di iklan? Jangan semerta-merta beralih ke produk lain. Tahukah Anda, kandungan yang terdapat dalam produk kecantikan membutuhkan waktu setidaknya 30 hari agar hasilnya terlihat. Ini dikarenakan siklus pergantian sel kulit baru yang terjadi dalam periode 30 hari.

Produk yang mengandung formula anti-aging bahkan butuh waktu yang lebih lama dari 30 hari. Biarkan produk bekerja sesuai waktunya dan biarkan kulit Anda beradaptasi terlebih dahulu. Dengan bergonta-ganti produk dalam waktu cepat, kulit Anda akan berpotensi sensitif dan keseimbangannya dapat terganggu. Bukan tak mungkin jerawat akan bermunculan, atau kulit akan mudah memerah.

Nah, inilah tiga kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kulit cepat tua. Ayo, segera ubah kebiasaan Anda agar kulit lebih terawat dan Anda terlihat sesuai umur, atau bahkan tampak lebih muda!