Kebakaran Hutan Meluas, Polisi Tak Punya Cara Jitu Tangkap Pelaku

Home/Blog/Kebakaran Hutan Meluas, Polisi Tak Punya Cara Jitu Tangkap Pelaku
  • Set Kursi Meja Makan Jati Vintage Biru Seri Vina

Meski kebakaran hutan dan lahan makin meluas, belum satu pun pelakunya ditangkap. Pihak polisi mengaku kesulitan karena belum punya cara jitu dalam operasi tangkap tangan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri mengungkapkan, banyak beragam kendala yang dihadapi anggotanya dalam melakukan penangkapan terhadap pelaku yang diduga sengaja membakar lahan. Juga lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk dan di daerah hutan gambut yang sulit terjangkau.

“Memang belum ada (pembakar hutan), karena sulit menangkap tangan. Belum ditemukan cara yang terbaru,” ungkap Iza, Jumat (28/8).

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan antisipasi dan menanggulangi upaya warga atau perusahaan yang sengaja membakar lahan. Setiap pimpinan polres di setiap daerah rawan kebakaran diinstruksikan membentuk satuan tugas khusus. Daerah tersebut seperti Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Muara Enim.

“Sudah kita kirim surat ke setiap kapolres harus ada langkah-langkah. Satgas juga dibentuk, gelar operasi ke lokasi,” kata dia.

Iza menambahkan, pihaknya tidak segan-segan menindak warga dan perusahaan perkebunan yang terbukti dengan sengaja membuka lahan dengan cara membakar.

“Pasti ditindak tegas, warga juga perusahaan. Saya juga sudah keluarkan maklumat,”

Kursi-Meja-Makan-Minimalis-Mewah-Set-Seri-Depok