Home/Blog/Dampak Negatif Akibat Jarang Keramas

Keramas merupakan salah satu tindakan yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Tak rutin melakukannya pun dapat mendatangkan dampak negatif. Bahkan, bukan hanya pada rambut dan kulit kepala, tetapi juga kepala Anda. Berikut beberapa dampak dari jarang keramas :

  1. Kulit Kepala Menjadi Kasar
    Saat malas keramas, banyak orang memilih untuk menggunakan dry shampo yang dapat meminimalisasi minyak pada kulit kepala. Namun, bahan itu bukan menghilangkannya. Inilah yang kemudian membuat menumpukkan minyak dan debu pada kulit kepala yang semakin sulit untuk dibersihkan semakin lama Anda membiarkannya.
  2. Rambut Kasar dan Kusam
    Begitu juga dengan rambut yang jarang dicuci, penumpukan debu dan minyak akan membuatnya kasar. Minyak dan debu ini juga akan menutupi kilau alami rambut. Tekstur rambut juga akan berubah yang membuatnya tetap kusam meski Anda sudah menyucinya.
  3. Gatal dan Bau
    Tentu saja, penumpukan minyak dan debu akan memicu timbulnya ketombe yang membuatnya gatal. Buruknya, semakin Anda menggaruknya, kulit kepala lebih mungkin untuk terluka. Alhasil, akar rambut pun melemah dan rambut Anda semakin banyak rontok. Tumpukan minyak dan debu yang bersarang lama di rambut juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  4. Volume Rambut Berkurang
    Jika Anda jarang menyucinya, rambut akan ditempeli banyak minyak dan debu. Belum lagi, jika Anda kerap melakukanstyling rambut, produk-produk styling juga akan menempel pada rambut. Hal ini akan berdampak kontraproduktif dengan kemampuan rambut membentuk volume.
  5. Rontok Lebih Banyak saat Keramas
    Jika sudah lama tidak keramas, Anda pasti menyadari rambut lebih banyak rontok saat keramas pertama kali. Ini wajar, sebab rambut yang kotor akan lebih rapuh.
  6. Sakit Kepala
    Tak hanya rambut dan kulit kepala, kepala pun bisa terkena dampak Anda jarang keramas. Penataan rambut seperti mengikatkannya akan membuat tegang rambut yang berarti berpengaruh juga kepada saraf-saraf di kepala sehingga kepala terasa sakit.

 

2017-10-14T09:09:42+00:00 Tags: , , , |