Sinar matahari seringkali membuat beberapa bagian kulit menjadi lebih gelap dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya. Jika ada bagian wajah kita yang timbul bercak hitam, biasanya akan susah untuk mengembalikannya. Ya, kejadian tersebut sangat banyak dialami oleh banyak orang, terutama para wanita. Warna kulit yang berbeda bisa membuat kulit wanita menjadi tidak menarik ketika dilihat. Selain di wajah, biasanya bercak hitam akan timbul di leher atau bagian kulit yang lain.

Berikut ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan dengan mudah untuk menghilangkan noda hitam di wajah :

  1. Lemon

Jus lemon adalah salah satu bahan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda gelap di kulit. Anda hanya perlu memotong lemon menjadi dua bagian, lalu menggosokkan pada kulit yang belang. Biarkan hingga air lemon tersebut kering di kulit, kemudian bilas dengan air dingin.

Untuk hasil yang maksimal, hindari terkena sinar matahari selama 24 jam setelah melakukan tips ini.

  1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C dan berasa asam yang bisa menyingkirkan noda hitam di kulit secara alami. Anda bisa menggosokkan kulit jeruk ke bagian kulit yang bernoda hitam secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya sebagai masker dengan cara membuat jus dari kulit jeruk atau menjadikannya bubuk kulit jeruk.

  1. Susu

Asam laktat yang terkandung pada susu berguna untuk mengurangi noda hitam secara alami, atau bahkan bisa membantu menghilangkan bercak hitam tersebut. Anda bisa mandi susu atau menggunakan sabun muka yang mempunyai kandungan susu yang banyak. Anda harus menggunakan produk berbahan susu tersebut secara terus menerus selama minimal satu minggu.

  1. Madu

Madu, selain menyehatkan untuk tubuh juga sangat bermanfaat untuk kulit. Oleskan madu pada noda hitam yang ada pada kulit Anda, dan biarkan hingga madu tersebut kering. Jika sudah, bilas dengan air hangat secara perlahan. Ulangi cara ini selama 3 hari berturut-turut untuk membantu mengurangi noda hitam tersebut.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman alami yang mudah didapat di sekitar rumah. Pijatkan gel yang terkandung di lidah buaya ini ke kulit yang mempunyai noda hitam, dan tunggu sampai kering. Lalu, bilas kulit tersebut dengan susu dan keringkan. Ulangi cara ini setelah satu minggu.

  1. Kunyit

Siapkan mangkuk kecil, kemudian tambahkan satu sendok makan bubuk kunyit, satu sendok makan susu, dan perasan setengah buah lemon. Campur ketiga bahan tersebut hingga rata, kemudian oleskan pada wajah atau leher yang mempunyai noda hitam. Ulangi cara tersebut setelah sepuluh hari secara rutin.

6 Cacar tersebut bisa dengan mudah Anda coba di rumah dengan bahan yang juga mudah didapatkan. Anda tidak perlu susah-susah untuk datang ke dokter kecantikan atau menggunakan krim-krim tertentu. Akan lebih aman jika Anda menggunakan bahan alami yang bisa dibuat sendiri si rumah.

noda hitam di wajah