Cara Mudah Atasi Mabuk Laut

Home/Blog/Cara Mudah Atasi Mabuk Laut

Hingga kini, alasan penyebab mabuk laut masih belum diketahui secara pasti. Namun saat Anda merasa mual, pusing dan muntah saat sedang travelling, hal ini pasti mengganggu. Ahli kesehatan dan kebugaran, Selene Yeager mengatakan, mabuk laut juga pengaruhnya besar dari genetik. Tapi hal ini bisa dicegah. Berikut caranya, seperti dikutip Sportdiver, Selasa (8/9/2015)

  1. Berhenti menonton atau bermain gadjet

Mabuk laut adalah masalah ketidakcocokan sensorik. Ketika Anda berada di kapal laut, telinga bagian dalam dan mata mengirim sinyal yang berbeda ke otak. Otak Anda menjadi bingung dan mual. Berhenti bermain-main dengan peralatan dan melihat cakrawala.

  1. Minum soda

Satu gelas minuman manis bersoda mengandung asam fosfat dan gula tinggi yang dapat mengatasi mual. Setidaknya minum segelas teh manis juga akan berguna.

  1. Minum obat anti mual

Obat-obatan seperti dramamine, Bonine dan bahkan antihistamin seperti Benadryl dapat membantu mengatasi mabuk dengan memblokir transmisi sensorik-saraf. Tapi obat-obatan ini juga dapat menyebabkan kantuk sehingga kurang cocok bagi Anda yang ingin menyelam.

  1. Jangan mencoba untuk membaca

Jangan fokuskan mata pada satu benda tertentu. Seperti halnya membaca, hal ini dapat memperparah mabuk Anda.

  1. Tutup mata Anda

Tidur. Dalam hal ini Anda harus mencoba menutup mata Anda sehingga indera tubuh tidak memberikan sinyal berbeda ke otak.

  1. Makanlah sesuatu

Pendapat ini masih bervariasi, tapi kebanyakan orang merasa lebih baik setelah mengisi perutnya dengan makanan. Coba konsumsi roti, bagel, pancake, dibanding telur dan daging. Kopi dan jus jeruk bersifat asam dan dapat mengiritasi perut Anda. Jangan makan terlalu banyak.

  1. Tenang

Rata-rata mereka yang takut dan cemas berada di tengah laut cenderung menjadi mabuk laut.

  1. Perhatikan gejala

Tanda-tanda awal mabuk laut, seperti menggigil, sakit kepala dan sering bersendawa. Bila Anda mengalaminya, pergilah ke dek atau ke tempat yang bisa melihat pemandangan luar.

mabuklaut

 

2015-09-09T05:02:56+00:00 Tags: , |