Sempat mencoba gaya rambut berponi karena tampak 10 tahun lebih muda? Memiliki rambut berponi memang seru meskipun membutuhkan energi ekstra dalam soal menjaga bentuk poni hingga merawat kulit wajah yang tertutupi oleh poni Anda. Jangan sampai poni Anda justru dapat menimbulkan masalah kulit seperti breakouts, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Ingin tau bagaimana trik mencegah hal tersebut? Simak tips berikut ini.

  1. Kenali terlebih dahulu masalahnya

Mungkin Anda bertanya, apa hubungan rambut berponi dengan masalah kulit pada wajah Anda? Salah satu bagian wajah yang cukup berminyak selain bagian pipi adalah bagian dahi. Jadi, bisa dibayangkan apabila poni menutupi wajah Anda dapat mengganggu keseimbangan produksi sebum dan mengakibatkan masalah kulit. Belum lagi kulit kepala yang berminyak yang bisa memicu timbulnya bakteri serta bercampur dengan kotoran yang tersembunyi di balik poni Anda.

  1. Hindari menyentuh poni secara berlebihan

Nah, ketika Anda sudah mengetahui dampak buruk yang akan terjadi pada kulit Anda, coba hentikan memegang poni Anda setiap saat. Jika Anda ingin kembali menatanya, pastikan Anda sedia tissue basah atau gel antiseptik dan bersihkan tangan Anda untuk menghindari berpindahnya minyak dan kotoran pada bagian dahi Anda.

  1. Rajin bersihkan wajah Anda kapanpun jika dibutuhkan

Menghindari untuk tidak membersihkan wajah bukan hal yang baik untuk kulit wajah Anda baik untuk rambut berponi ataupun tidak. Hal ini sangat penting bagi Anda yang memiliki kulit berminyak khususnya, karena kulit berminyak cenderung lebih mudah dan cepat memproduksi kotoran yang mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat. Jangan lupa bersikan wajah minimal sehari dua kali, atau kapanpun jika dibutuhkan.

  1. Jepit poni Anda

Ini penting khususnya apabila Anda sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Coba untuk menjepit poni Anda atau Anda dapat menggunakan headband untuk menyingkirkan poni dari wajah Anda. Jangan takut poni Anda menjadi rusak atau tidak tertata rapi. Anda dapat menatanya kembali dengan menggunakan sisir berbentuk bulat, atau menggunakan alat styling seperti roll rambut atau alat catok.

  1. Perhatikan kembali produk rambut Anda

Jika Anda sudah memperhatikan hal tersebut, namun masalah kulit masih terus saja bermunculan, bisa jadi produk rambut yang Anda gunakan salah lho. Sebaiknya, Anda menyesuaikan kondisi rambut dan kulit kepal. Hindari menggunakan kondisioner kaya pelembab yang justru memicu rambut menjadi lebih cepat berminyak. Sebaliknya, jika. rambut Anda cenderung kering cukup gunakan kondisioner di bagian ujung rambut bukan bagian poni Anda dan pastikan membilasnya dengan benar.

Cara mengatasi rambut berponi