Home/Blog/Cara Memanfaatkan Kopi untuk kecantikan Kulit

Biji kopi yang sering kita seduh sebagai minuman hangat ternyata menyimpan sejuta manfaat, termasuk untuk kecantikan. Kopi berkhasiat untuk mengatasi berbagai problem pada kulit, antara lain kantung mata, selulit, dan penuaan dini. Bagaimana cara mengolahnya? Berikut ini kami tampilkan beberapa resep mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah.

  1. Masker anti penuaan

Antioksidan dalam biji kopi berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit, antara lain penuaan dini. Karena itulah ekstrak kafein dalam kopi sering dijadikan kandungan tambahan dalam krim malam.
Kamu juga bisa mendapatkan manfaat anti penuaan kopi dengan membuat masker dari kopi yang dicampur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Pastikan Anda mencuci muka sebersih mungkin agar residu masker kopi tidak tertinggal di wajah.

  1. Penyegar wajah
    Kafein yang terkandung dalam biji kopi tak hanya bisa bikin mata melek. Kafein juga bisa memberikan efek menyegarkan pada kulit. Kamu bisa menggunakan air kopi yang dibekukan untuk ice facial.
    Buatlah secangkir kopi kental dan tuangkan ke dalam nampan es, kemudian bekukan. Setelah beku, usapkan es kopi pada seluruh bagian wajah.
  2. Lulur anti selulit
    Buatlah masker dari kopi dan aplikasikan ke daerah yang memiliki selulit. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas. Gunakan lulur dua kali seminggu. Kamu juga bisa menambahkan kopi bubuk pada shower gel yang biasa kamu gunakan untuk mandi.
  3. Lulur untuk kulit terbakar matahari
    Kafein memang memiliki banyak manfaat. Selain mengandung antioksidan, kafein dalam kopi juga memiliki fungsi ant-inflamasi, sehingga bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit sekaligus mendinginkannya. Ini juga cocok untuk mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.
    Oleskan kopi yang dicampur dengan sedikit air di kulit yang terbakar matahari kemudian diamkan beberapa menit sebelum dibilas.
  4. Masker mata
    Kafein dalam kopi ampuh untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata. Karena itulah kopi digunakan dalam produk roll-on untuk perawatan kantung mata.
    Gunakan kopi bubuk yang sudah dicampurkan dengan sedikit air untuk mengompres bagian bawah mata yang menghitam. Lakukan secara rutin dan kantung mata akan memudar perlahan-lahan.
  5. Scrub

Menurut Lynda Torrey, Director of Education di The Woodhouse Day Spa kepada Daily Makeover, kopi bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator yang baik. Kandungan caffeic acid dalam kopi mampu merangsang produksi collagen. Selain itu, bubuk kopi juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Cara Memanfaatkan Kopi untuk kecantikan Kulit