Saat kulit terkena alergi, kita sering tidak bisa menahan diri untuk menggaruknya. Hal ini bisa menyebabkan pendarahan dan timbulnya luka pada kulit. Lalu, bagaimana cara alami yang ampuh untuk menghilangkan alergi pada kulit? Berikut penjelasannya :

  1. Cuka apel

Bahan ini membantu mengurangi rasa gatal dan menyembuhkan luka. Zat acetic acid yang terkandung dalam cuka apel dapat menghindari infeksi. Basahi kapas dengan cairan cuka apel, oleskan ke area kulit yang terkena alergi. Diamkan hingga kering meresap, kemudian basuh dengan air dingin.

  1. Aloe vera

Oleskan ekstrak lidah buaya yang segar ke area kulit yang sakit. Selain menyembuhkan secara cepat, lidah buaya juga menghaluskan kulit, serta menyembuhkan iritasi dan bengkak.

  1. Olive oil

Olive oil mengandung banyak vitamin E yang berfungsi sebagai pelembap alami dan membantu proses peremajaan kulit. Teteskan olive oil pada kulit yang terkenan alergi, tepuk-tepuk dan pijat secara perlahan. Jika ingin hilangkan ruam-ruam dan gatal, campurkan olive oil dan madu. Aplikasikan ke area kulit yang terinfeksi.

  1. Oatmeal

Berguna untuk mengurangi bengkak dan iritasi. Campurkan oatmeal dengan air, aduk rata. Kemudian aplikasikan pada area kulit yang terinfeksi, diamkan sekira 15 menit. Kemudian basuh kulit dengan air hingga bersih.

  1. Petroleum jelly

Oleskan petroleum jelly pada bagian kulit yang gatal. Selain mengurangi gatal, petroleum jelly juga mencegah terjadinya iritasi dan menghaluskan kulit.

Cara haluskan kulit bekas alergi