Sebagai orang Indonesia, Anda tentu tak asing lagi dengan pepaya. Buah ini termasuk buah-buahan yang familiar di Indonesia. Rasanya yang manis membuat pepaya disukai oleh banyak orang. Nyatanya, tak hanya sampai di buah dan daun saja bagian dari pepaya yang bisa Anda manfaatkan. Sebab bunga pepaya ternyata bergizi tinggi. Meskipun rasanya terbilang pahit, namun siapa sangka bahwa bunga pepaya menyimpan segudang manfaat sehat. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Mencegah kanker
    Mendengar kata kanker, tentu Anda akan merasa ngeri. Sebab stigma dari kata ini memang cukup negatif. Begitu Anda terkena, bisa saja Anda sulit untuk sembuh. Oleh karena itu tindakan pencegahan secara dini wajib untuk Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan makan bunga pepaya.
    Menurut beberapa jurnal kesehatan, bunga pepaya terbukti mampu mengurangi peradangan serta menghambat pertumbuhan sel tumor sebelum menjadi kanker.
  2. Mengobati maag
    Untuk Anda yang menderita maag, cobalah untuk rajin makan bunga pepaya. Sebab bunga pepaya tinggi akan zat antioksidan ang mampu mengurangi peradangan di lambung penyebab maag. Selain itu bunga pepaya juga dapat menurunkan lipid penyebab kolesterol.
  3. Menyehatkan pencernaan
    Bunga pepaya tinggi akan enzim papain. Zat alami ini mampu membantu Anda dalam melancarkan buang air besar saat Anda sedang sembelit.
  4. Menambah nafsu makan
    Anda mungkin bertanya, bagaimana bisa bunga pepaya yang pahit menambah nafsu makan? Namun memang begitulah adanya. Sama seperti pahitnya pare, makan bunga pepaya juga bisa memperbaiki nafsu makan Anda.
  5. Tinggi akan zat anti oksidan
    Paparan radikal bebas sangat membahayakan kesehatan tubuh sebab mampu menyebabkan berbagai macam peradangan dalam tubuh. Namun tingginya kandungan zat anti oksidan dalam bunga pepaya dapat membantu Anda untuk menangkalnya demi mengurangi kerusakan oksidatif.

Bunga pepaya bisa Anda olah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Jadi, Anda pun bisa mendapatkan segudang manfaatnya.

bunga-pepaya