Home/Blog/Apa yang Terjadi pada Kulit saat Tidur

Kulit merupakan organ kompleks yang dipengaruhi oleh irama sirkadian atau jam alami dalam tubuh manusia. Untuk menjaga organ ini tetap terawat, Anda pun membutuhkan perawatan yang berbeda pada siang dan malam hari. Kulit merupakan organ yang lebih pintar daripada yang Anda pikir. Kondisinya bisa berubah sepanjang hari. Pada siang hari, kulit membutuhkan perawatan yang dapat melindungi dari elemen yang merusak seperti sinar ultraviolet dan oksidasi.

Sementara itu, apa yang terjadi di kulit pada malam hari? dr Dennis Gross, dokter kulit dari New York, Amerika Serikat, mengatakan, pada malam hari, sistem imun berfungsi pada kapasitas maksimum dan kulit pun dalam modus perbaikan.

“Kulit bergenerasi dan mengalami siklus oksigen dan nutrisi. Selama pukul 23.00 hingga tengah malam, proses mitosis sel kulit sedang pada puncaknya,” ucapnya.

Selain memakai produk-produk yang bisa mendukung proses tadi seperti krim malam, tidur dalam jam yang sama setiap malamnya merupakan cara terbaik untuk kesehatan kulit yang optimal. Setelah proses yang terjadi pada malam hari, pagi hari pun merupakan waktu yang tepat untuk memberikan perlindngan seperti antioksigan, SPF, asam hialuronik. Bahan-bahan ini akan melindungi kulit dari polusi, suhu, angin, dan matahari.

Pada malam hari, kulit lebih membutuhkan nutrisi seperti retinol, niasiamida, dan vitamin C. Ini akan membantu memperbaiki kulit dari kerusakan yang disebabkan banyak faktor. Asam hidroksi alfa dan beta dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang terluar, sehingga menghindari kulit kusam.

 

 

2017-07-20T06:25:48+00:00 Tags: , , |